Dampak Mengabaikan Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja

Kurangnya informasi tentang kesehatan reproduksi, yang mengakibatkan timbulnya permasalahan serius pada kalangan remaja saat ini, serta kurangnya kemauan atau kesadaran akan kesehatan itu sendiri. Hal ini sangat berdampak buruk bagi sistem kesehatan remaja khususnya reproduksi, belum lagi bahaya akan penyakit yang dapat pada kesehatan mental remaja di kemudian hari. 
Dampak Buruk Mengabaikan Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja

Pengetahuan tentang kesehatan reproduksi remaja saat ini sudah sangat terbuka bagi lingkungan masyarakat agar informasi-informasi mengenai reproduksi tersampaikan. Hal yang berkaitan dengan dampak mengabaikan kesehatan reproduksi seperti merawat kebersihan alat reproduksi, hubungan sex bebas, penularan penyakit alat reproduksi hingga yang paling parah penyakit seksual yaitu HIV. 

Pemerintah dan lingkungan sekitar menjadi alat pengawasan terhadap remaja guna membina pengetahuan tentang kesehatan itu sendiri, agar di kemudian waktu dampak dari penyalahgunaan alat reproduksi tidak berakibat buruk bagi remaja itu sendiri. Termasuk Orang tua sebagai pengawas paling dekat dengan para anak-anak mereka yang memasuki siklus remaja sangat penting.
Program Kesehatan Reproduksi Remaja

Faktor lingkungan juga berdampak dalam pengaruh kesehatan reproduksi remaja, terkait dengan pergaulan yang bebas menjadikan remaja ini "liar" pemikirannya. Larut dalam keadaan yang bebas sangat memungkinkan mereka melakukan perbuatan yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi. 
 
Dengan sadar akan pentingnya kesehatan reproduksi remaja, memungkinkan adanya peningkatan kualitas dari remaja itu sendiri dari aspek pendidikan misalnya. Oleh karena itu program kesehatan reproduksi yang dilakukan pemerintah akan memberikan layanan informasi tentang bagaimana kesehatan reproduksi itu sehat.